Carnegie Mellon AI Kalahkan 4 Pemain Poker Terbaik di Dunia

Libratus – AI program yang di buat di Carnegie Mellon University, baru saja mengalahkan 4 pemain poker terbaik di dunia – Dong Kim, Jimmy Chou, Daniel McAulay, dan Jason Les, di dalam 20-hari Heads-up, No-Limit Texas Hold’em tournament.

Event tersebut diadakan di Rivers Casino di Pittsburgh. Libratus berhasil memenangkan USD 1,776,250, setelah bermain 11 jam setiap hari, selama 20 hari.

Libratus dibuat oleh Professor Tuomas Sandholm dan pelajar PhD Noam Brown. Kemenangan Libratus di anggap sebagai kemajuan teknologi AI yang spektakuler. Poker adalah permainan yang sangat kompleks dibandingkan dengan permainan lain seperti Othello, Catur, Go,  dan Jeopardy, yang telah dikuasai oleh system AI.

Untuk mengerti dan mempelajari cara pikir pemain manusia, adalah tantangan yang sangat berat untuk komputer. Tetapi Libratus telah dibuat untuk menaklukkan tantangan ini dengan menggunakan 800 super komputer. Pada umumnya, program AI dalam bermain game diprogram untuk mempelajari kelemahan lawan dan berusaha untuk mengeksploitasi kelemahan tersebut. Namun, Libratus fokus untuk belajar dari kesalahan dan menutupi celah di dalam strateginya sendiri dan tidak menggunakan kelemahan lawan untuk menang.

Selamat kepada Carnegie Mellon University, Prof. Tuomas Sandholm dan Noam Brown atas prestasinya!

Tentang Penulis

Steven Kester Yuwono

Steven Kester Yuwono adalah CTO dan Co-Founder dari Jurnal Kebenaran. Saat ini Kester sedang menyelesaikan studi PhD ilmu komputer di bidang Natural Language Processing, dimana Kester berharap aplikasi dari risetnya dapat membawa dampak positif di bidang kesehatan. Kester yang juga merupakan antusias gitar dan badminton ini juga memiliki minat besar dalam menjelajahi bagaimana teknologi dapat membawa perubahan di berbagai industri.